Pages

UJI KUALITAS LAYAR SENTUH

Posted Posted by dhamir, cebong in Comments 0 TANGGAPAN MENGENAI ARTIKEL INI


Akhir akhir ini sejumlah vendor sudah mulai pede melepas ponsel ponsel berlayar sentuh. Tidak hanya itu, mereka terkesan ramai ramai mempersembahkan ponsel yang siap digunakan bantuan stylus. Masalahnya, tidak semua layar sentuh tadi sesuai dengan diharapkan. Ada beberapa factor yang kemudian membuat mereka bukan member solusi, justru menjadi permassalahan baru dalam berponsel.
Diantaranya adalah : material sensor yang konduktif ( sifat konduksi material sensor ) , material substrat, ketebalan substrat, jarak antara sensor dengan permukaan layar, formasi gelombang sensor, pola sensor, pitch sensor, sirkuit analog pada sensor dan sample rate.
Dengan demikian spesifikasi layar LCD saja tidak cukup untuk menyimpulkan kualitas layar sentuh yang sesungguhnya.
Sebuah pengujian sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dapat membantu kita menilai akurasi sebuah layar sentuh. Modalnya juga tidak banyak dan simple , hanya perlu mendownload dan install aplikasi menggambar (drawing) yang bisa anda download lewat internet, di android store, (DRAW!). Juga bisa menggunakan aplikasi bawaan ponsel yang berfungsi serupa.
Langkah langkahnya adalah sebagai berikut.
- Siapkan ponsel layar sentuh yang ingin kita tes (pastinya).
- Jalankan aplikasi DRAW! Nya
- Nah, proses pengujian pertama adalahdngan menggunakan ujung jari. Letakkan telunjuk jari pada pojok layar, kemudian buat garis diagonal dengan sedikit tekanan dan dilakukan scara perlahan untuk hasil tes yang maksimal ^_^.
- Lakukan lagi dengan garis yang sejajar di samping sampingnya
- Jika dirasa sudah cukup, lakukan dengan garis diagonal dengan garis yang berlawanan
- Terus. . . . selesai dah. . . (liat aja gambar hasil tes di ATAS, kalau bingung penjelasan di atas, biar tau maksud saya :P)



Pada layar sentuh yang bagus, garis yang dihasilkan cenderung tegas, meski lurus tidaknya akan dipengaruhi gerakan telunjuk kita saat menarik garis di atas layar. Garis tegas menunjukkan tingkat akurasi sensor sentuh layar yang tinggi.
Semakin banyak gelombang garis, bahkan membentuk sebuah gambar tangga , maka semakin kurang akurat lah sensor layar. Gitu doang kok.
Nah, sekarang lakukan langkah langkah tadi, tapi dengan menggunakan full finger secara bersamaan, dan lihat hasilnya.
Anda bisa menerapkan ke semua jenis ponsel berlayar capasitive, apapun mereknya .

0 TANGGAPAN MENGENAI ARTIKEL INI:

Posting Komentar